Thursday, November 26, 2015

Arti kata "mengusung" nenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah :
usung v, berusung/ber·u·sung/ kl v naik tandu; bertandu: raja akan berangkat ~;

mengusung /meng·u·sung /v
1 mengangkut (membawa) sesuatu dengan cara menempatkannya di atas bahu;
2 membawa (mengangkat) sesuatu dilakukan oleh beberapa (banyak) orang (dengan alat atau tidak): mereka ~ jenazah itu dengan tandu;

usungan/usung·an/ n 1 alat untuk mengusung (tandu dan sebagainya): maka sang putri pun naik ke atas ~; 2 (sesuatu) yang diusung: barang ~;

pengusung/peng·usung/ n 1 orang yang mengusung; 2 alat untuk mengusung; usungan;

pengusungan/peng·u·sung·an/ n proses, cara, perbuatan mengusung: ~ jenazah ulama besar itu ke makam dilakukan oleh murid-muridnya secara berganti


Untuk memahami makna dari sebuah kata, sobat-sobat dapat mempelajarinya dengan melihat kalimat-kalimat yang dibangun dari kata tersebut. Bagaimana caranya membuat kalimat dengan menggunakan kata "mengusung"? Seperti sobat ketahu, arti dan makna sebuah kata dapat berbeda pada kalimat-kalimat yang tidak sama.

Agar lebih jelas, mari kita simak contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata "mengusung" berikut yang ane kumpulkan dari berbagai halaman dari internet.
    Contoh membuat kalimat dari kata
  1. Namun pihak Kemenpora sejak bulan Juli 2012 sedang mengusung beliau menjadi Pahlawan Nasional.
  2. Album ini mengusung singel berjudul "Timang-Timang" yang video klipnya digarap di rumah mereka bersama sang bayi.
  3. Pada kategori ini Ellen mengusung tema sosial permasalahan penyakit Filoriasis (Elephatiasis) atau biasa disebut dengan penyakit Kaki Gajah.
  4. Suicidal Tendecies, Stromtroopers of Death, Corrosion of Conformity dan Dirty Rotten Imbeciles adalah sebagian band yang mengusung genre ini.
  5. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.
  6. Sistem Eropa yang mengusung kesetaraan kedaulatan negara-negara dibawa ke Amerika, Afrika, dan Asia melalui kolonialisme dan "standar peradaban" mereka.
  7. Image "Fresh, Friendly & Hip" ini tercermin dalam lagu "50 Tahun Lagi" ciptaan Dewiq dengan mengusung aliran musik Disco Classic hasil besutan arranger DJ Sumantri.
  8. Selain itu, PKS yang meraup lebih dari 42 persen suara untuk Adang Daradjatun di pilkada 2007 juga mengusung Hidayat Nur Wahid yang sudah dikenal rakyat sebagai Ketua MPR RI periode 2004-2009.
  9. Partai politik adalah sarana politik yang menjembatani elit-elit politik dalam upaya mencapai kekuasaan politik dalam suatu negara yang bercirikan mandiri dalam hal finansial, mempunyai platform atau haluan politik tersendiri, mengusung kepentingan-kepentingan kelompok dalam urusan politik, dan turut menyumbang political development sebagai suprastruktur politik.
  10. Dengan mengusung motto TRUE BASIC BRINGS EXCELLENCE (Kemurnian pengetahuan dasar membawa total keberhasilan) Gladiresik menerjemahkan pembelajaran dari dasar dengan tujuan mempermudah pengembangan bermusik hingga akhirnya memunculkan sisi kreatifitas dari siswa/i gladiresik dengan cara memberikan kontribusi melengkapi fungsi bidang pengetahuan bermusik itu sendiri.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kaian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

0 comments:

Post a Comment