Thursday, August 25, 2016


Untuk memahami makna dari sebuah kata, sobat-sobat dapat mempelajarinya dengan melihat kalimat-kalimat yang dibangun dari kata tersebut. Bagaimana caranya membuat kalimat dengan menggunakan kata "alternatif"? Seperti sobat ketahui, arti dan makna sebuah kata dapat berbeda pada kalimat-kalimat yang tidak sama.

Agar lebih jelas, mari kita simak bersama contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata "alternatif" berikut yang ane kumpulkan dari berbagai halaman dari internet.
    Contoh membuat kalimat dari kata
  1. Untuk menyatakan sifat alternatif digunakan kata "atau"
  2. Memantau rencana aksi dalam mencoba alternatif solusi yang telah ditemukan
  3. Bahan bakar alternatif yang tersedia di negara kita, antara lain sebagai berikut.
  4. “Para pakar kita sudah menemukan energi alternatif dari singkong, jarak, sawit.
  5. c. Untuk menyatakan sifat alternatif ataupun kumulatif, digunakan frasa "dan atau".
  6. Peta web SVG yang royalty free ini dijadikan sebagai alternatif pengganti Internet-GIS.
  7. Pemecahan masalah tersebut berasal dari berbagai alternatif atau pilihan kebijakan yang ada.
  8. Penggunaan bahan bakar alternatif merupakan salah satu cara untuk mengurangi pencemaran udara.
  9. Pulau-pulau itu memang alternatif yang bagus setelah lelah dan jenuh menjelajahi Pulau Dewata yang bising.
  10. Akan tetapi, bahan bakar alternatif belum tersedia banyak dan belum sesuai dengan kendaraan bermotor yang sudah ada.
  11. Untuk pendingin AC , alternatif penggantiCFC 12 adalah HFC 134a (Hidro-khloro-floro-carbon) dan CFC 11 dengan HCFC-123.
  12. Keretalah alternatif buat mereka, tidak peduli kereta penumpang atau kereta gerbong yang mengangkut batubara atau semen.
  13. Golongan narkoba sintetis ini telah dikembangkan pada akhir 1940-an dan pada 1950-an sebagai alternatif untuk barbiturat.
  14. Seringkali setiap perilaku ditentukan oleh kesadaran menunaikan dan memenuhi kewajiban dan seringkali pula tak ada alternatif pilihan.
  15. Akhirnya Mumu menawarkan alternatif lain, yaitu melaut nebeng dengan perahu nelayan mengitari Ujung Kulon dan berlabuh di kota kecil, Labuhan.
  16. Ada sebuah pemain baru yang berdiri untuk mengubah metode pengiklanan internet yang terlihat sebagai sebuah alternatif AdSense yang sangat baik.
  17. Untuk mengejar harga yang lebih tinggi, pilihan alternatif sederhana adalah membuka pasar eksport, tetapi inipun tidak bisa dilakukan secara on-off-on-off.
  18. 1. Perangkat Wlireless Lan Internet Akses, khususnya 2,4 GHz saat ini sudah diproduksi masal di dunia sehingga harganya relatif murah sebagai alternatif internet akses.
  19. 4. Jika sumber mata air sudah tidak lagi dapat mengalirkan airnya, responden dalam diskusi ini belum mengetahui alternatif yang harus dipilih dan cenderung pasrah dengan keadaan.
  20. Wujud dari pendidikan jarak jauh berbeda dari satu tempat ke tempat yang lain, dari waktu dulu ke waktu sekarang, dan berbeda karena alternatif teknologi yang tersedia makin beragam.
  21. (25) Selain saran dokter untuk tranfusi, tetangga Djo menyarankan agar dicarikan jambu kluthuk sebagai alternatif penanganan DB, karena diakui bahwa buah ini mampu meningkatkan jumlah trombosit.
  22. Tapi naik gunung memang alternatif bagus ketimbang mengelus dada terus melihat tukang asongan ketakutan seperti diawasi hantu, anak-anak kecil ngemis setengah memaksa, dan pengamen-pengamen bis kota merajalela.
  23. 9. Begitupun dalam bertahan, pertimbangkan setiap kemungkinan serangan lawan berikutnya dari setiap alternatif Escape Check yang anda miliki agar persentase keberhasilan menggagalkan serangan lawan semakin besar.
  24. Kereta api memang sebuah alternatif yang bagus buat orang kebanyakan, remaja-remaja yang doyan avonturir, dan jangan salah, banyak lho, turis-turis yang mengirit dolarnya dengan naik kereta api kita (turis kere kali!).
  25. Tersedianya bahan bakar dengan cetane tinggi merupakan alternatif yang baik untuk mesin dengan tekanan kompresi yang tinggi, Masalah berikutnya adalah mekanisme pendukung seperti katup, piston, poros cam, poros engkol dll.
  26. TETAPI, melihat masih lemahnya kekuatan partai-partai alternatif dan para tokohnya, ada yang menghidupkan kembali wacana lama, DMA (duet Mega-Akbar), mengimbangi wacana baru, ABM (asal-bukan-Mega) dan ABA (asal-bukan-Akbar).
  27. Sama halnya dengan perjuangan suatu masalah untuk masuk ke dalam agenda kebijakan, dalam tahap perumusan kebijakan masing-masing alternatif bersaing untuk dapat dipilih sebagai kebijakan yang diambil untuk memecahkan masalah.
  28. Apalagi dengan semakin mahalnya harga pupuk anorganik akibat subsidi yang dicabut dan adanya efek samping dari pemakaian pupuk anorganik sehingga perlu dicari alternatif lain, seperti pemanfaatan limbah untuk menghasilkan pupuk organik.
  29. Terakhir, jangan lupa membawa kotak P3K dengan isi yang lengkap dan alat komunikasi (Hand Phone / Handy Talkie) dan Peta Jalur Mudik Lebaran 2008 sebagai tambahannya untuk mencari jalur mudikalternatif bila jalur mudik utama terlalu padat
  30. Oleh sebab itu memelihara tradisi penyediaan lumbung pangan yang pernah ada, baik secara individu maupun secara kolektif, untuk cadangan pangan demi keberlanjutan kehidupan masyarakat merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan ketahanan pangan.
  31. MESKIPUN gurem, kalau sama-sama mawas diri dan mau bersatu dalam keikhlasan, parpol-parpol yang perolehan suaranya dalam pemilu legislatif tergolong “nasakom” (nilainya satu koma), atau berkaliber pulpen “rapido” (nol koma), bisa jadi kekuatan alternatif penyelamat bangsa.
  32. Dengan demikian pendidikan jarak jauh di Indonesia tidak harus sama dengan pendidikan jarak jauh di Amerika, atau pendidikan jarak jauh di Indonesia sekarang tidak harus sama dengan wajah pendidikan jarak jauh Indonesia 30 tahun yang silam yang sangat terbatas alternatif teknologinya.
  33. Orang-orang Jahiliyyah yang menyambut baik ajaran Islam —termasuk juga di dalamnya para migran yang marginal dan kaum miskin— dikatakan oleh Lapidus adalah orang-orang yang sangat tidak puas dengan kondisi moral dan kondisi sosial yang ada dan kemudian menerima alternatif pengganti oleh Nabi Muhammad saw. itu.
  34. UU No. 20 Tahun 2001) dan unsur dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi (vide Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999 jo.UU No. 20 Tahun 2001), merupakan unsur yang besifat alternatif sehingga tiak perlu pelaku tindak pidana korupsi harus menikmati sendiri uang hasil tindak pidana korupsi, cukup si pelaku memperkaya orang lain atau menguntungkan orang lain.
  35. Pendidikan jarak jauh Indonesia sekarang harus mampu memanfaatkan alternatif teknologi yang tersedia tanpa meninggalkan perhatian atas empat aspek penting dari teknologi yang telah diidentifikasi di atas, yaitu aksesibilitas, biaya, efektifitas dalam fungsi pembelajaran, serta kemampuan teknologi untuk mendukung interaktivitas antara peserta ajar dan tenaga pengajar yang dipandang sangat penting dalam pendidikan.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kaian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

0 comments:

Post a Comment