Thursday, August 25, 2016


Untuk memahami makna dari sebuah kata, sobat-sobat dapat mempelajarinya dengan melihat kalimat-kalimat yang dibangun dari kata tersebut. Bagaimana caranya membuat kalimat dengan menggunakan kata "meliputi"? Seperti sobat ketahui, arti dan makna sebuah kata dapat berbeda pada kalimat-kalimat yang tidak sama.

Agar lebih jelas, mari kita simak bersama contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata "meliputi" berikut yang ane kumpulkan dari berbagai halaman dari internet.
    Contoh membuat kalimat dari kata
  1. Barang-barang yang tidak dapat digadaikan meliputi :
  2. Sajian data dapat meliputi deskriftif, matriks dan table.
  3. Biaya ini meliputi biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja.
  4. Tunggakan tersebut meliputi tahun 2008, 2009, 2010 dan 2011.
  5. 8) Pemeriksaan dan penyetelan ringan mesin kendaraan meliputi :
  6. Pengacuan demonstratif ini meliputi pengacuan waktu dan tempat.
  7. Lalu ada kekuasaan yang meliputi seluruh jazirah Arab saat ia wafat.
  8. Proses pemasaran interaktif meliputi 2 metode: Push dan Pull Marketing.
  9. Informasi yang diberikan meliputi dunia bola baik dalam maupun luar negri.
  10. CXV. Pembinaan dan pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :
  11. Hasil perkebunan meliputi kelapa sawit, kopi, teh, karet, cengkeh dan kelapa.
  12. Metode yang bisa digunakan meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan.
  13. PGP Versi ini meliputi beberapa progam browser untuk E-mail yang sedang populer.
  14. Kartu identitas pemakai yang meliputi nama dan alamat E-mail dari pemilik kunci.
  15. (2) Pemeriksaan kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi :
  16. Biaya meliputi biaya yang harus dikeluarkan oleh institusi dan oleh peserta ajar.
  17. Hasil penelitian meliputi aspek gramatikal, aspek leksikal, diksi, dan gaya bahasa.
  18. Dalam taksonomi paling modern, alga-alga eukariotik meliputi filum/divisio berikut ini.
  19. (2) Pengujian sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi uji tipe dan/atau uji berkala.
  20. Perubahan Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa dan Keputusan Kepala Desa dapat meliputi :
  21. Perwujudan pembinaan tersebut meliputi aspek-aspek pengaturan, pengendalian, dan pengawasan.
  22. Semen teras meliputi semua bahan semen yang dibuat dengan menggunakan teras dan kapur tohor.
  23. Parameter kimia, parameter kimia meliputi C02, pH, alkalinitas, fosfor, dan logam-logam berat.
  24. Pemeliharaan meliputi penjarangan, penyiangan, pembumbunan serta pembe-rantasan hama dan penyakit.
  25. Ruang lingkup perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun immaterial.
  26. Berita-berita pada Harian Kompas biasanya bersifat nasional dan tidak hanya meliputi satu daerah saja.
  27. Parameter fisik, parameter fisik meliputi temperatur, warna, rasa, bau, kekeruhan, dan radioaktivitas.
  28. Dalam pengertian barang meliputi barang yang bersifat gas, cair, padat termasuk tumbuh-tumbuhan dan hewan.
  29. Sedangkan untuk SD, mata pelajaran yang bisa meliputi pelajaran agama, PPKN, Bahsa Indonesia dan Muatan Lokal.
  30. Parameter biokimia, parameter biokimia meliputi BOD (Biochemical Oxygen Demand), yaitu jumlah oksigen dalam air.
  31. Menurut Purwoko, secara garis besar narkoba meliputi a) narkotika, b) psikotropika dan c) zat-zat adiktif lainnya.
  32. Dampak dari perubahan sosial antara lain meliputi disorganisasi dan reorganisasi sosial, teknologi serta cultural.
  33. Program yang disediakan meliputi berbagai operating system seperti Windows, DOS, berbagai variasi Unix, Macintosh.
  34. Dilanjutkan dengan analisis multivariate yang meliputi analisis PCA (Principle Component Ana-lysis) dan uji MANOVA.
  35. Masing-masing siswa meliputi kecakapan potensial yang memungkinkan untuk di kembangkan ,seperti bakat dan kecerdasan
  36. Satuan pendukung kebahasaannya meliputi fonem, morfem, kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, hingga karangan utuh.
  37. Komponen citarasa meliputi aroma, perisa (flavor), keasaman (acidity), kekentalan (body), dan rasa pahit (bitterness).
  38. Proses produksi program Trijaya News Round Up meliputi tahapan yaitu tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi.
  39. Bentang darat berupa kepulauan meliputi negara Singapura, Malaysia Timur, Indonesia, Brunei, Philipina dan Timor Leste.
  40. Golongan obat ini terus diperluas yang meliputi Temazepam, Diazepam, Nitrazepam, Oksazepam, Klonazepam dan Flunitrazepam.
  41. Dalam membentuk produk hukum desa harus berdasarkan pada asas pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik, meliputi :
  42. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan lainnya.
  43. Sifat kimia semen meliputi kesegaran semen, sisa yang tak larut dan yang paling utama adalah komposisi syarat yang diberikan.
  44. Rasionalitas formal meliputi proses berpikir aktor dalam membuat pilihan mengenai alat dan tujuan (Ritzer & Goodman, 2007:37).
  45. Teras buatan, meliputi abu batu, abu terbang (fly-ash) dari hasil residu PLTU dan hasil tambahan dari pengolahan bijih bauksit.
  46. 7. Divisi Regional VII, Kawasan Timur Indonesia yang meliputi Sulawesi, Bali, Nusatenggara, Timor Timur, Maluku dan Irian Jaya.
  47. Sistem ketahanan pangan sudah didesentralisasikan ke seluruh daerah otonom yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
  48. Pada kawasan target terdapat dua koperasi ternak yang cukup besar yang cakupan wilayahnya meliputi hampir seluruh kawasan target.
  49. Bagian atas tanaman meliputi batang, daun yang dicerminkan dengan indeks luas daun dan tongkol dicerminkan dengan komponen produksi.
  50. Parameter biologi, parameter biologi meliputi ada atau tidaknya mikroorganisme, misalnya, bakteri coli, virus, bentos, dan plankton.
  51. Bahan yang digunakan meliputi : benih jagung hibrida NK 33, pupuk kandang ayam, pupuk urea, SP – 36, KCl, Pestisida dan Furadan 3G.
  52. Pendekatan mikrostruktural dalam hal ini meliputi aspek gramatikal (segi bentuk), aspek leksikal (segi makna), diksi atau pilihan kata.
  53. Gejala putus zat dapat meliputi depresi berat, insomnia, kelesuan, hilang nafsu makan, sakit kepala dan ketagihan akan steroid anabolik.
  54. Struktur manajemen TELKOM, secara garis besar meliputi Kantor Prusahaan, Divisi Regional I s/d VII, Divisi Network, dan Divisi Pendukung.
  55. Sifat-sifat fisika semen meliputi kehalusan butir, waktu pengikatan, kekalan, kekuatan tekan, pengikatan semu, panas hidrasi, dan hilang pijar.
  56. Luas wilayah kerjanya 57,83 km2 yang meliputi enam desa yaitu Desa Baumata Pusat, Baumata Timur, Baumata Barat, Kuaklalo, Oeletsala, dan Oeltua.
  57. Mobilitas penduduk ini meliputi bukan hanya perpindahan penduduk dari desa ke kota atau sebaiiknya, tetapi juga bertambah dan berkurangnya penduduk
  58. Efek awal dapat meliputi penambahan rasa percaya diri dan kekuatan, peningkatan motivasi dan antusiasme, penambahan sifat agresif dan gairah seksual.
  59. Adapun analisis ini meliputi kepentingan yang dibawa, potensi serta konsekuensi dari kehadiran pemangku kepentingan tersebut dalam perencanaan program.
  60. Umumnya tradisi meliputi sejumlah norma (norms) yang keberlakuannya tergantung pada (depend on) ruang (tempat), waktu, dan kelompok (masyarakat) tertentu.
  61. Aspek leksikal meliputi pengulangan (repetisi), padan kata (sinonimi), lawan kata (antonimi), sanding kata (kolokasi), serta hubungan atas-bawah (hiponimi).
  62. Peubah-peubah yang diamati meliputi : laju asimilasi bersih, laju pertumbuhan tanaman, bobot kering total tanaman, indeks luas daun dan analisis kandungan N.
  63. Simpul meliputi terminal transportasi jalan, terminal angkutan sungai dan danau, stasiun kereta api, pelabuhan penyeberangan, pelabuhan laut, dan bandar udara.
  64. - Persyaratan utama yang harus dipenuhi dalam sistem penyediaan air bersih meliputi persyaratan kualitatif, persyaratan kuantitatif dan persyaratan kontinuitas
  65. Pengertian fungsi adalah kegiatan menghubungkan simpul dan ruang kegiatan menurut kepentingannya yang meliputi kepentingan lalu lintas dan kepentingan angkutan.
  66. Penempatan yang sesuai dengan peruntukan antara lain meliputi penempatan kendaraan sesuai dengan rambu-rambu jalan misalnya parkir hanya di tempat yang ditunjuk.
  67. Efek samping yang merugikan dapat meliputi kelesuan, kebingungan, suasana hati yang berubah-ubah, mual, kepeningan, mimpi buruk, dan mencerca kemampuan berbicara.
  68. Adapun pertanyaannya meliputi data demografi, sumber informasi, pengetahuan tentang lingkungan, sikap dan praktek yang berhubungan dengan lingkungan sekitar kawasan.
  69. Biomassa tanaman meliputi semua bahan tanaman yang secara kasar, berasal dari hasil fotosintesis, se-rapan unsur hara dan air yang diolah menjadi proses biosintesis.
  70. Di samping kohesi gramatikal dan leksikal, wacana RB ini juga akan ditilik dari aspek-aspek kebahasaannya yang menjadi kekhasan yang meliputi diksi atau pilihan kata.
  71. XLVI. Juru Sita Pajak adalah pelaksana tindakan penagihan pajak yang meliputi penagihan seketika dan sekaligus, pemberitahuan surat paksa, penyitaan dan penyanderaan.
  72. Dalam proses pra produksi, yang meliputi tahap perencanaan dilakukan di stasiun pusat TVRI, sedangkan pada tahap produksi kebanyakan dilakukan oleh stasiun daerah TVRI.
  73. Dengan melihat bagaimana bangunan struktur kebahasaan yang meliputi kata, frase, kalimat, dan lainnya, analisis wacana dapat melihat makna yang tersembunyi dari suatu teks.
  74. Penyelenggaraan bandar udara sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini meliputi kegiatan perencanaan, pembangunan, pengoperasian, perawatan, dan pengawasan serta pengendalian.
  75. Mata pencaharian informan meliputi ibu rumah tangga (15 orang), petani (1 orang), bidan (1 orang), perawat (1 orang), PNS ( 3 orang) wiraswasta, (2 orang) dan mahasiswa (1 orang).
  76. Faktor pendorong perubahan sosial meliputi kontak dengan kebudayaan lain, sistem masyarakat yang terbuka, penduduk yang heterogen serta masyarakat yang berorientasi ke masa depan.
  77. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa PT. Gudang Garam, Tbk telah melaksanakan aktivitas – aktivitas sosialnya yang meliputi kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan.
  78. Acara ini meliputi workshop mengenai origami yang mempunyai tema yang berbeda setiap harinya, selain itu ada juga pemutaran film the making of Origami, dan banyak lagi acara lainnya.
  79. Di samping itu, wacana RB juga akan diteliti dari aspek-aspek kebahasaan yang meliputi diksi dan gaya bahasa yang merupakan ciri khas dalam RB dan menjadi sumber kelucuan atau humor.
  80. Peran tersebut meliputi presentasi materi atau isi pembelajaran dan penyediaan sarana komunikasi atau interaksi antara institusi pendidikan jarak jauh dengan peserta program pendidikannya.
  81. Untuk pertama kalinya berdasarkan Keppres No. 59 th. 2004 Pengadilan Tipikor dibentuk pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang wilayah hukumnya meliputi seluruh wilayah Republik Indonesia.
  82. Beberapa masalah dapat meliputi kekerasan dalam keluarga, kemangkiran dalam bekerja, celaka saat berkendaraan, permasalahan hukum dan denda terkait dengan kekerasan serta kesulitan keuangan.
  83. Pengertian dikuasai oleh negara adalah bahwa negara mempunyai hak penguasaan atas penyelenggaraan penerbangan yang perwujudannya meliputi aspek-aspek pengaturan, pengendalian, dan pengawasan.
  84. Pengacuan persona direalisasikan melalui pronomina persona (kata ganti orang), yang meliputi persona pertama (persona I), kedua (persona II), dan ketiga (persona III), baik tunggal maupun jamak.
  85. Biaya pada institusi meliputi biaya tetap (investasi awal) yaitu biaya yang harus dikeluarkan pada waktu mengembangkan media dan biaya tambahan bagi setiap penambahan jumlah peserta (operasional).
  86. Pengertian manajemen lalu lintas meliputi kegiatan perencanaan, pengaturan, pengawasan dan pengendalian lalu lintas yang bertujuan untuk keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.
  87. 2. Bentang air: berupa bentang air tawar yang meliputi sungai, danau dan waduk, serta bentang air asin, yang meliputi lautan (Laut Cina Selatan, laut Banda, laut Jawa, Laut Andaman, Laut Arafuru dll)
  88. Untuk mendapatkan keuntungan bersih dalam usahatani tanaman jagung metode yang digunakan adalah analisa usahatani Benefit Cost ratio (B/C ratio), meliputi biaya produksi serta pendapatan yang diperoleh.
  89. Ujian kemampuan mengemudi di samping meliputi pengetahuan dan keterampilan juga meliputi sikap mental calon pengemudi yang merupakan salah satu pertimbangan pokok di dalam pemberian surat izin mengemudi.
  90. Tentunya peran pelayanan kesehatan tidak hanya di dua hal tersebut namun meliputi upaya promotif dan rehabilitatif. Tapi yang mempunyai risiko yang membawa aspek hukum adalah upaya preventif dan kuratif..
  91. 1. Kebijakan umum, yaitu kebijakan yang menjadi pedoman atau petunjuk pelaksanaan baik yang bersifat positif ataupun yang bersifat negatif yang meliputi keseluruhan wilayah atau instansi yang bersangkutan.
  92. Peralatan yang digunakan dalam penelitian meliputi : bajak, cangkul, ember, skop, oven, timbangan analitik, meteran, penggaris kayu untuk mengukur tinggi tanaman dan leaf area meter (LAM) untuk mengukur luas daun.
  93. Biaya tenaga kerja disini adalah biaya produksi dan perawatan meliputi : pengolahan tanah, penanaman, pembumbunan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, pemanenan, pengangkutan dan penjemuran yaitu sebesar Rp.
  94. Pada kerangka ini aplikasi EC meliputi 6 lapisan pelayanan teknologi informasi: application service, brokerage dan manajemen data, interface services, secure messaging, middleware services, dan network infrastructure.
  95. Pengertiannya dalam arti luas meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan sosialisasi, pengobatan Cuma-Cuma atau fasilitas lainnya.
  96. 3. Bahasa asing meliputi bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Jepang, dan bahasa Rusia merupakan bahasa pengantar utama dalam penyelenggaraan siaran internasional TVRI sesuai dengan kebutuhan dan khalayak sasaran.
  97. Selain itu, ia berpendapat bahwa telaah sastra bandingan juga meliputi telaah hubungan di antara karya sastra dengan bidang ilmu serta kepercayaan lain seperti filsafat, sejarah, sains, sains sosial, agama, dan lain-lain.
  98. 13. Horison Sastra Indonesia, empat jilid meliputi Kitab Puisi (1), Kitab Cerita Pendek (2), Kitab Nukilan Novel (3), dan Kitab Drama (4) (editor bersama Hamid Jabbar, Agus R. Sarjono, Joni Ariadinata, Herry Dim, Jamal D.
  99. Pesertanya sebanyak 770 pakar bahasa dari Indonesia dan 53 peserta tamu dari mancanegara meliputi Australia, Brunei Darussalam, Jerman, Hongkong, India, Italia, Jepang, Rusia, Singapura, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.
  100. Pengertian rekayasa lalu lintas meliputi perencanaan, pengadaan, pemasangan, dan pemeliharaan fasilitas kelengkapan jalan serta rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, lampu lalu lintas dan fasilitas keselamatan lalu lintas.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kaian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

0 comments:

Post a Comment