Saturday, February 4, 2017


Untuk memahami makna dari sebuah kata, sobat-sobat dapat mempelajarinya dengan melihat kalimat-kalimat yang dibangun dari kata tersebut. Bagaimana caranya membuat kalimat dengan menggunakan kata "berita"? Seperti sobat ketahui, arti dan makna sebuah kata dapat berbeda pada kalimat-kalimat yang tidak sama.

Agar lebih jelas, mari kita simak bersama contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata "berita" berikut yang ane kumpulkan dari berbagai halaman dari internet.
    Contoh membuat kalimat dari kata
  1. Phyllis menangis mendengar berita itu.
  2. Saya harus mendengarkan berita kecelakaan.
  3. mendengar berita hujan pun turun sangat deras.
  4. Menulis berita bukan sekedar mencurahkan isi hati.
  5. Tingkat atas ditempati oleh kantor berita Jepang, Domei.
  6. seperti berita para kakek nenek moyang kita yang pertama.
  7. Ada berita tentang Dermatitis pada tukang kayu yang mengolah kayu ini.
  8. Sebuah berita harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, aktual, dan informatif.
  9. Layanan ANTARA meliputi produksi berita teks, foto dan multimedia sebagai bisnis inti.
  10. Berita online misalkan, sebaiknya dalam menyampaikan berita langsung ke pokok beritanya.
  11. Itulah penjara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhirat.
  12. Kebutuhan akan berita ada dalam masyarakat, baik yang melek huruf maupun yang buta huruf.
  13. Stasiun televisi biasanya mempunyai acara berita atau menayangkan berita sepanjang waktu.
  14. Media tersebut berbasis berita lokal dan telah beredar di hampir seluruh wilayah di Jawa Timur.
  15. Di dalam hutan, Bharata mencari Rama dan memberi berita duka karena Prabu Dasarata telah wafat.
  16. Inti Pelajaran Ini Kegiatan menyimak berita di televisi atau radio harus dilakukan secara tepat.
  17. Sebagian berita untuk pasar media diformat untuk publik melalui portal publik www.antaranews.com.
  18. Siapkan catatan untuk menulis hal-hal penting dalam berita dan kata-kata yang menurutmu sulit dipahami.
  19. Kantor berita Belanda itu menyebarkan hasil liputannya bukan saja di Hindia Belanda, melainkan juga di Eropa.
  20. Bagaimana memahami berita dari televisi atau radio dengan cepat dan benar? Kamu akan mempelajarinya pada pelajaran ini.
  21. Untuk memahami berita di televisi atau radio, kamu harus mendengarkannya dengan saksama karena teks berita hanya dibacakan sekali.
  22. Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara merupakan kantor berita di Indonesia, yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.
  23. Kualitas berita tentu harus memenuhi kriteria umum penulisan, yaitu 5W+1H yang sudah menjadi ‘sego jangan’ buat seorang jurnalis.
  24. Kalangan pergerakkan kebangsaan Indonesia, baik yang berada di Hindia Belanda maupun di Eropa, menganggap berita di Aneta berat sebelah.
  25. Saya menyukai segalanya, berita dan cuaca, editorial, dunia olahraga, opera sabun/sinetron, bahkan pertunjukan anak-anak. Semuanya bagus.
  26. Kini ANTARA sedang melakukan diversifikasi produk untuk publik, baik melalui portal berita http://www.antaranews.com maupun portal berita daerah.
  27. Sisi lain dari cerita kelahiran Yesus yang disampaikan oleh kitab Injil Lukas adalah penyampaian berita itu oleh para malaikat kepada para gembala.
  28. Untuk menyimpulkan isi berita, kamu harus terlebih dahulu memahami hal-hal penting dari berita (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana).
  29. Kenapa harus menggunakan metode Piramida Terbalik, tentu maksudnya adalah agar pembacara dapat segera mengetahui inti dari berita yang ingin diketahuinya.
  30. Mulai akhir tahun 90an, pengiriman berita kepada 300 pelanggan menggunakan satelit/VSAT dan sejak tahun 2001 berita Antara dapat diakses melalui internet.
  31. Selain itu, penduduk London juga menjadi semakin melek huruf dan perkembangan teknologi mesin cetak yang memperluas penyebaran berita juga berkembang pesat.
  32. Bagi wartawan maupun redaktur, akan memudahkan dalam penulisan dan editing berita, karena mereka lebih fokus pada pokok pikiran berita yang mereka tuliskan.
  33. Pengganti kata atau dan tiap Contohnya: darat/laut (darat atau laut) Carilah sebuah teks berita di koran atau majalah yang ada penggunaan tanda garis miring.
  34. Untuk system komunikasi lainnya ada INMARSAT (International Maritime satelite) Suatu system pengiriman berita menggunakan E-Mail, Telephone, Telex, ataupun Faximile.
  35. Pemberian status Perum guna memudahkan kerja kantor berita perjuangan tersebut untuk menghadapi era konvergensi media dan tantangan bisnis media yang kian mengglobal.
  36. Dalam berita Cina yang berjudul Sung Hui Yao disebutkan bahwa Kerajaan San-fo-tsi tahun 1082 mengirim duta besar ke Cina yang ketika itu di bawah pemerintahan Kaisar Yuan Fong.
  37. Para wartawan Antara di Bandung, Sjarief Soelaiman dan Dajat Hardjakusumah, mendirikan kantor berita lokal Pewarta Nasional untuk menampung pemberitaan dari kalangan republiken.
  38. Pelajar Indonesia pertama yang menggunakannya ialah Suwardi Suryaningrat , yaitu ketika ia mendirikan kantor berita di Belanda yang bernama Indonesisch Pers Bureau pada tahun 1913.
  39. Setelah pembelajaran ini, dapatkah kamu memahami berita yang didengar melalui televisi atau radio? Kegiatan belajar menulis surat resmi sangat berguna ketika kamu mengikuti suatu organisasi.
  40. Kalau suatu kapal berada dalam kondisi berbahaya system ini akan memancarkan berita bahaya yang berisi posisi kapal, nama kapal, jenis marabahaya,tersebut secara otomatis, cepat, tepat , akurat.
  41. Jadi, istilah San-fo-tsi yang semula bermakna Sriwijaya tetap digunakan dalam berita Cina untuk menyebut Pulau Sumatera secara umum, meskipun kerajaan yang berkuasa ketika itu adalah Dharmasraya.
  42. Namun Sayang berita menggembirakan ini belum diketahui banyak orang di dalam maupun di luar negeri,sehingga belumbanyak pendapatan daerah yang dapat di ambil dari sektor yang paling potensial di KKU ini.
  43. Namun, laporan berita terbaru dari tengkorak hominid berumur kira-kira 7 juta tahun sudah menunjukkan percabangan dari garis silsilah kera, membuat gagasan kuat adanya percabangan awal silsilah tersebut.
  44. Bila sebelumnya Antara melakukan pengiriman berita dengan menggunakan pemancar dan buletin cetak, pada tahun 1976 diganti dengan menggunakan sistem teleteks dan kemudian menggunakan sistem komputerisasi.
  45. Kata yang pertama kali menyebutkan nama Sumatra berasal dari gelar seorang raja Sriwijaya Haji Sumatrabhumi ("Raja tanah Sumatra"), berdasarkan berita China ia mengirimkan utusan ke China pada tahun 1017.
  46. Setelah pembelajaran ini, kamu dapat mencatat hal-hal penting mengenai isi berita (apa, siapa, mengapa, bagaimana, di mana, dan kapan) yang didengar serta menyimpulkan isi berita berdasarkan catatan yang dibuat.
  47. Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari beritajuga dinamakan informasi.
  48. Gagasan untuk mendirikan kantor berita ini timbul pada pikiran seorang wartawan muda, Albert Manoempak Sipahoetar, dan seorang mahasiswa ilmu hukum/RH, Raden Mas Soemanang Soeriowinoto, yang kemudian lebih dikenal sebagai Mr.
  49. W=1H adalah singkatan dari “what, who, when, where, why, how,” yang dalam bahasa Indonesia menjadi “apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana.” Semua unsur inilah yang harus terkandung dalam sebuah artikel biasa atau berita biasa.
  50. Ahmad Mukhlis Yusuf , yang melanjutkan kepemimpinan Asro Kamal Rokan (asro@antara.co.id) yang kini bertugas sebagai Dewan Pengawas, LKBN ANTARA menghasilkan berbagai konten beritateks, foto dan video yang menyasar lebih dari 300 pelanggan media.
  51. Artikel berbentuk berita mempunyai struktur unik: Inti informasi ditulis pada alinea awal , data-data penting menyusul pada alinea-alinea selanjutnya, lalu penjelasan tambahan, dan diakhiri dengan informasi lain yang bukan bersifat informasi utama.
  52. Lembaga Kantor Berita Nasional Antara atau disingkat LKBN Antara merupakan kantor berita terbesar di Indonesia, yang sifatnya semi pemerintah, meskipun ketika pertama kali didirikan oleh para wartawan nasionalis pada masa penjajahan Belanda sebelum PD II sepenuhnya merupakan usaha swasta.
  53. Laporan berita merupakan tugas profesi wartawan, ketika berita dilaporkan oleh wartawan laporan tersebut menjadi fakta / ide terkini yang dipilih secara sengaja oleh redaksi pemberitaan / media untuk disiarkan dengan anggapan bahwa berita yang terpilih dapat menarik khalayak banyak karena mengandung unsur-unsur berita.
  54. Selain itu, Antara juga mengadakan pertukaran berita secara bilateral dengan Xinhua [China], IRNA dan MNA [Iran], MENA , Yonhap (Korea Selatan), TAP (Tunisia), Anadolu (Turki), WAM (Uni Emirat Arab), VNA (Vietnam), Azertac (Ajerbaizan), Yonhap (Korea Selatan), BTI (Bulgaria), EFE (Spanyol), CNA (Taiwan) dan sebagainya.
  55. Dewasa ini umum diterima bahwa perayaan Natal pada tanggal 25 Desember adalah penerimaan ke dalam gereja tradisi perayaan non-Kristen terhadap (dewa) matahari: Solar Invicti (Surya tidak Terkalahkan), dengan menegaskan bahwa Yesus Kristus adalah Sang Surya Agung itu sesuai berita Alkitab (lihat Maleakhi 4:2; Lukas 1:78; Kidung Agung 6:10).
  56. Antara cabang Jakarta pernah memindahkan kantornya ke Gedung Proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur No.56 ketika terjadi Aksi Militer Belanda I tanggal 21 Juli 1947, karena kantornya di Jalan Pos No.57 di segel oleh Belanda, sedangkan gedung di nomor 53 sudah ditempati oleh kantor berita Aneta, yang melakukan lagi kegiatannya di Indonesia sejak Belanda kembali bersama tentara Sekutu pada akhir PD II.
  57. Belajar Apa di Pelajaran 6? Menyimpulkan isi berita di televisi atau radio melalui kegiatan mendengarkan Kebahasaan Memahami awalan me-Menulis surat resmi sesuai keperluan Kebahasaan Memahami penggunaan tanda garis miring Alokasi waktu untuk Pelajaran 6 = 15 jam pelajaran 1 jam pelajaran = 35 menit 61 A Mari, Menyimpulkan Isi Berita Pada pelajaran ini, kamu akan belajar menyimpulkan isiberita yang didengar dari televisi atau radio.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian semua. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

0 comments:

Post a Comment